Kamis, 02 Juli 2009

Mendeteksi Apakah Hp pernah kena air

Hp yang kena air tidak bisa dipastikan kerusakannya, parah ataupun ringan karena tergantung dari bagian atau komponen apa saja yang sudah terkena air. Apalagi jika HP tersebut terkena air dalam kondisi Hidup maka secara otomatis terjadi konslet yang bisa merusak komponen HP. Tetapi tidak jarang pula kerusakan terjadi setelah beberapa waktu. Nah daripada kita nanti beli HP bekas dan ternyata Hp tersebut sudah pernah terkena air, berikut ada tips menarik untuk mendeteksi apakah HP sudah pernah terkena air atau belum...

1.      Di stiker garansinya ada tulisan dengan spidol merah X-WD (eX Water Damage)
Dan di stiker imeinya biasanya juga diurek2 pake spidol merah juga. Tapi ini hanya ada kalau kita servis di konter resmi.

2.      Periksa bagian baterai, di hp Sony Ericsson, pada bagian batrenya sebelah atas deket kuningnya itu biasanya ada stiker kecil berwarna putih. Kalau sudah pernah rusak nyemplung air, stiker ini jadi berwarna merah.
(klo stiker ini tidak ada berhati2 aja, ada kmungkinan hp anda pernah nyemplung air, untuk merk lain saya kurang tahu, karena dari dulu pegangan saya rata rata SE aja)

3.       Cek fisik (kalo ini biasanya yang bisa teknisi hp), walaupun kita bisa, jangan coba2 deh di counter orang utak-atik hp orang pula!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar